Selasa, 06 Mei 2014

Mad Far'i (cabang)

Mad Far'i terbagi dua yaitu ada yang sisebabkan karena hamzah ﴾ء﴿ dan ada yang disebabkan karena sukun ﴾ ْـ ﴿ atau disukunkan.
adapun yang disebabkan karena hamzah yaitu:
Sesuai dengan judulnya yaitu karena hamzah ﴾ء﴿, maka sudah pasti ke-4 mad disini ada/muncul dengan beraneka ragam panjangnya disebabkan oleh adanya hamzah.
1. Mad Wajib Muttasil
Mad Thobi’I bertemu hamzah  dalam satu kata. Panjangnya (4,5,6 hrkt)
Contoh :
  أُولـٰٓئِكَ - ﭐﻠﺳﱠمَآءِ - ﭐﻠْمَلـٰٓﺌِكَةِ
2. Mad Jaiz Munfasil
Mad Thobi’i bertemu hamzah di lain kata. Panjangnya (2,4,5 hrkt)
Contoh :
ٳِﻵﱠإِبْلِيْسَ - ٳِنِّيٓ ٲَعْلَمُ - قَالُوْآأَتَجْعَلُ
Satu hal yang membedakan mad wajib muttasil dengan mad jaiz munfasil adalah bertemunya mad thobi'i dan hamzah. Jika di mad wajib  tempat pertemuannya dalam satu kata sedangkan di mad jaiz pertemuannya melibatkan dua kata. Oleh karena itu penulis sengaja mengambarkan pengertian mad wajib muttasil dengan tambahan dalam kurung sebagai gambaran dalam satu kata, sedangkan mad jaiz tidak pakai tanda kurung sebagai gambaran dua kata.
3. Mad Silah Thowilah
Mad Shilah Qosiroh (Ha dhomir sebelum dan setelahnya huruf hidup) bertemu hamzah. Panjangnya (2,4,5 hrkt)
Contoh :
 مَالَهٗٓ أَخْلَدَهُ - يُكَذِّبُبِهٖٓ ٳِﻻﱠ
4. Mad Badal
Hamzah bertemu huruf mad. Panjangnya (2 hrkt)
Contoh :
أٰمَنُوْا - ءَايٰتِهِ - لِإِيْلَافِ - أُوْتُوا الْكِتَابَ

Jika dalam praktek membaca agak kesulitan (bingung) dalam memastikan hukum madnya karena ketidak tahuan satu kata atau dua kata atau tidak mau repot akan nama hukumnya maka solusinya jika anda menemukan tanda panjang ﴾ ٓ  ﴿ dan didepannya ada hamzah ﴾ء﴿ maka baca saja dengan panjang 5 harokat atau 4. Tapi ingat hanya tanda panjang ﴾ ٓ  ﴿ yang bertemu hamzah ﴾ء﴿ saja karena ada tanda panjang ﴾ ٓ  ﴿ lain yang khusus dan harus dibaca 6 harokat. Namun walau bagaimanapun anda sebaiknya tau nama hukum dan penjelasannya agar anda bisa mengajarkannya sama orang lain.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar